Home » Benda » Truk Masjid Berjalan Di Jepang

Truk Masjid Berjalan Di Jepang

Editor: Aryo Wibowo

Perhelatan Olimpiade 2020 kali ini akan dilaksanakan di Jepang, dan salah satu persiapan menyambut perhelatan olimpiade tersebut, Jepangn meyiapkan Masjid Berjalan.

Masjid berjalan ini dibuat dari truk kontainer yang telah dimodifikasi sehingga nantinya bisa dipergunakan umat Muslim untuk melakukan ibadah shalat.

Kontainer truk yang telah diproduksi oleh pabirkan mobil terkenal yaitu Toyota nantinya bisa melebar, sehingga ruang di dalamnya bisa menjadi lebih luas. Selain itu didalam kontainer juga dilengkapi dengan pendingin suhu (AC) dan juga air untuk nantinya berwudhu.

Pembuatan Masjid berjalan ini telah menghabiskan sekitar 100 juta yen atau sekitar 13 M Rupiah.

Masjid berjalan yang mampu menampung 50 orang ini pertama kali diresmikan saat berlangsungnya pertandingan sepak bola J-League di toyota stadium, di kota Toyota Aichi.

Nantinya selama perheletan olimpiade berlangsung, Truk truk masjid berjalan ini nantinya akan di operasikand di beberapa venue sesuai dengan kebutuhan.

CEO Yasuharu Inoue berharap keberadaan masjid berjalan ini dapat mempermudah turis umat muslim dalam menjalankan ibadanya, sehingga membuat para turis muslim seakan-akan merasa tetap berada di neagaranya sendiri.

“Sebagai negara yang terbuka dan ramah, kami ingin berbagi gagasan “omotenashi” (keramahan Jepang) dengan orang-orang muslim,” kata Inoue.