Home » Tempat » Restoran Tertua di Madrid Spanyol, 293 Tahun

Restoran Tertua di Madrid Spanyol, 293 Tahun

Editor: Aryo Wibowo

Sebuah restoran yang berada di kota Madrid Spanyol ini di akui oleh Guinness World Records sebagai restoran tertua di Madrid, Spanyol yang masih terus beroperasi hingga saat ini sejak 293 tahun yang lalu.

Sobrino de Botin, terkenal akan tungku masaknya yang selama 293 tahun ini terus memanggang roti dan mampu menghadirkan aroma yang melegenda.

Restoran Botin dibuka pertama kali pada tahun 1725, yakni berupa sebuah toko roti yang juga menyertakan sup kental sebagai menu pendampingnya.

Menurut Luis Javier Sanchez yang sudah mengabdi selama 41 tahun lamanya itu, mempertahankan aroma khasnya dari tungku legenda itu, sehingga wangi asap yang khas akan terus bertahan hingga proses memasak selesai.

Selain tradisi memasak secara klasik, hal lain yang terus dipertahankan dengan baik adalah tentang dedikasi restoran itu dalam melayani setiap konsumen yang bersantap di sana.

“Kami juga memiliki rak penyimpanan koleksi anggur yang unggul. Tapi, bukan hal itu yang membuat kamu terus bertahan, melainkan cinta tulus kami dalam melayani konsumen melalui kreasi resep-resep yang tetap autentik sejak dulu,” jelas Sanchez.

Untuk beberapa hal, beberapa menu yang ditawarkan telah menjadi bagian dari arsip sejarah kuliner Spanyol. Para juru masak yang terus berganti dari masa ke masa konsisten melanjutkan tradisi masak klasik di restoran tersebut sejak abad ke-16.

“Cita rasa masakan yang Anda santap sama seperti yang dibuat oleh sang pendiri,” lanjutnya.

Pemerintah Spanyol – melalui Lembaga Budaya Nasional setempat – bahkan menempatkan dua menu utamanya, yakni cochinilo asado (babi panggang) dan cordero asado (domba panggang), ditetapkan sebagai salah satu warisan sejarah nasional non-fisik.