Home » Tempat » Cermin Terbesar di Dunia, Dataran Garam Salar De Uyuni

Cermin Terbesar di Dunia, Dataran Garam Salar De Uyuni

Editor: Aryo Wibowo

Salar De Uyuni disebut-sebut sebagai cermin alam terbesar di dunia, dataran garam yang membentang luas 10.582Km ini terletak di antara potosi dan Oruro daerah pegunungan Andes Bolivia.

Dataran garam ini terbentu sekitar 42ribu tahun yang lalu, permukannya yang berada di daratan tinggi pegunungan & tertutup lapisan garam menjadikan darata ini selalu tetap kering sepanjang tahun.

Salar de Uyuni akna menjelma menjadi cermin alam terbesar di dunia ketika mendapatkan curahan hujan yang cukup tinggi. Permukaannya yang datar dan jernih menambah kesan sempurna sebagai cermin terbesar di dunia.

Awan yang cerah memantulkan refleksinya, sehingga menghasilkan pemandangan yang mengagumkan bagi siapapun yang mengunjunginya.

Dalam bahasa Spanyol, Salar berarti garam, sedangkan kata uyuni diambilkan dari bahasa Aymara yang berarti pena atau hamparan luas. Selain itu Uyuni juga merupakan sebuah nama kota yang menjadi tempat persinggahan para turis yang mengunjungi dataran cermin terbesar di dunia itu.

Meurut legenda, dulunya Salar de Uyuni adalah tempat pelarian perempuan raksasa yang menolak untuk dinikahi oleh raksasa pria, sehingga setiap harinya raksasa perempuan tersebut menangis terus menerus kemudian tetesan air matanya itu menggenang hingga menjadi daratan garam yang luas ini.