Home » Penemuan » Warga Gunung Kidul Menemukan Sarkofagus

Warga Gunung Kidul Menemukan Sarkofagus

Editor: Tio Sianturi

GUNUNGKIDUL– Seorang warga Dusun Ngasem lor, Plembutan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, menemukan sebuah kuburan batu atau sarkofagus berisi tulang manusia dan senjata.

Kabag Pemerintahan Desa Plembutan, Surono, mengatakan penemuan kubur batu ini secara tidak sengaja oleh Kuwat atau Dengul (70) saat sedang mencangkul di ladang pada Sabtu (4/10).

“Saat melakukan penggalian kedalaman sekitar 50 cm, menemukan tulang, lalu terus digali dan menemukan mirip peti tetapi terbuat dari batu,” katanya, Senin (6/10/2014).

Setelah melakukan penggalian di lokasi yang memiliki luas 2×2 meter, lalu  ditemukan serpihan tulang dan dua buah senjata tajam mirip kujang. “Seluruh tulangnya sudah dalam bentuk serpihan kecil-kecil, yang masih kelihatan hanya bagian persedian kaki, dan ada senjatanya mirip kudi,”jelasnya.

Diakuinya lokasi tersebut berada tidak jauh dari lokasi situs Plembutan yang berupa candi yang berada sekitar 500 meter dari lokasi penemuan. Selain candi, desa tersebut juga sering ditemukan menhir dan peninggalan purbakala lainnya.

Surono menjelaskan, setelah menemukan benda tersebut, Dengul, melaporkan ke pihak pemerintah Desa Plembutan. “Kami langsung menghubungi pihak kepolisian,” katanya.

Kapolsek Playen, AKP Joko Utomo mengatakan, langsung mendatangi lokasi dan mengamankan temuan ke Mapolsek Playen. Dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta terkait temuan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*