Home » Tempat » Uniknya air terjun asik-asik

Uniknya air terjun asik-asik

Editor: Tio Sianturi

Asik-asik adalah nama sebuah air terjun menakjubkan yang ada di Filipina, tepatnya di Sitio Dulao, Alamada, Cotabato Utara. Yang menjadikan air terjun ini unik adalah airnya yang tidak mengalir dari sungai dataran tinggi. Sebab di bukit yang terletak di atas air terjun ini tidak ada sungai atau mata air yang mengalir. Sebagian tanahnya bahkan sudah dijadikan lahan pertanian. Tetapi entah bagaimana air terjun ini bisa menyembur dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi tanaman hijau. Jadi jika dilihat sekilas tampak seolah-olah air terjun keluar secara ajaib dari celah-celah tumbuhan.

Sejauh ini belum ada penelitian yang dilakukan untuk menelusuri sumber air Asik-Asik. Sementara air terjun ini sendiri menurut situs Amazing Places On Earth baru populer di antara warga Filipina dan dibuka untuk umum pada tahun 2012 lalu.

Photo by Escape Manila

Menurut situs My Planet Philippines, air terjun ini dianggap sebagai tempat keramat oleh penduduk lokal. Mereka percaya kalau air Asik-Asik yang terkenal jernih mempunyai khasiat penyembuhan. Karena itu banyak pengunjung yang meminumnya tanpa dimasak terlebih dahulu.

Photo by Intrepid Wanderer

Tetapi biasanya wisatawan disarankan untuk tidak mengambil tanaman atau benda apapun yang berasal dari area sekitar air terjun. Konon benda yang diambil dan dibawa pulang dari sana akan membuat si pencuri tidak tenang.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*