Home » Benda » Unik nya Bentuk Sepeda Karya Mahasiswa Solo Ini

Unik nya Bentuk Sepeda Karya Mahasiswa Solo Ini

Editor: Tio Sianturi

Empat mahasiswa Universitas Sebelas maret (UNS) Solo menciptakan sepeda dengan desain nya yang begitu unik.

Sepeda yang menggunakan sumber energi listrik atau electric two wheeled vehicle (ETV) desainnya tidak seperti umumnya sepeda yang rodanya ada didepan dan belakang, melainkan rodanya ada disamping kiri dan kanan.

sepeda mahasiswa UNS

Uniknya lagi roda besar yang terbuat dari pipa besi yang dilapisi beberapa karet ban bekas tersebut tidak memiliki pelek. sedangkan dudukannya memanfaatkan kursi bekas dari mobil isuzu panther.

Menurut puji, biaya pembuatan sepeda unik tersebut relatif murah, hanya menghabiskan uang sekitar Rp.8Juta.

 

Baca Juga :  Sepeda unik dengan roda traktor

 

sepeda unik buatan mahasiswa UNS tersebut bisa melaju dengan kecepatan rata-rata 20km/jam dengan daya operasi hingga 4 jam.

sepeda unik solo

Cara kerjanya relatif sederhana. Pengendara tinggal memutar gas pada setang yang terhubung pada kabel mesin di bagian roda sebagai penggerak. Ritme kecepatan sepeda sepenuhnya memang tergantung pada cara pengendara menjalankan setang. Untuk gerakan membelok ke kanan hingga ke kiri, tinggal memperbesar gas sehingga salah satu roda bisa berputar lebih cepat. Berdasarkan hasil analisis keamanan, para mahasiswa yakin sepeda listrik buatan mereka bisa dioperasikan tanpa mengundang bahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*