Home » Tumbuhan » Tumbuhan ini dijuluki Tumbuhan Karnivora

Tumbuhan ini dijuluki Tumbuhan Karnivora

Editor: Tio Sianturi

Jika tanaman lain bisa berkembang pada gas di udara ditambah air dari tanah, mengapa Venus Flytraps memakan serangga? tumbuhan ini mendapatkan banyak nutrisi seperti yang dilakukan tanaman lain  melalui proses fotosintesis.

Selama fotosintesis, tumbuhan menggunakan energi matahari untuk menggerakkan reaksi yang mengubah karbon dioksida dan air untuk mendapatkan gula dan oksigen. Gula yang dihasilkan ini kemudian diubah menjadi energi dalam bentuk ATP(Adenosine Triphospate – penyimpan sumber energi untuk sel-sel tubuh), melalui proses yang sama yang digunakan oleh tubuh kita untuk proses karbohidrat .

Namun, di samping untuk sintesis glukosa, tanaman juga perlu untuk membuat asam amino, vitamin dan komponen sel sel lain untuk bertahan hidup. Untuk mencapai hal ini, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan seperti:

 

  • Nitrogen – untuk membuat asam amino , asam nukleat, protein
  • Fosfor – sebagai bagian dari energi membawa molekul ATP
  • Magnesium – sebagai faktor-pendukung yang banyak membantu fungsi enzim
  • Belerang – untuk membuat sedikit asam amino
  • Kalsium – sebagai faktor pendukung enzim dan untuk membuat sel dinding tanaman
  • Kalium – untuk mengatur pergerakan air masuk dan keluar dari tanaman

 

Jenis tanah yang selalu ditumbuhi oleh Venus Flytrap adalah tanahyang bersifat asam,  langka mineral dan nutrisi lainnya. Kebanyakan tanaman tidak dapat bertahan dalam lingkungan ini karena mereka tidak dapat membuat cukup sel sel yang diperlukan untuk pertumbuhan. Tumbuhan ini memiliki kemampuan  yang unik dengan mencari sarana alternatif untuk mendapatkan nutrisi penting seperti nitrogen. Makhluk hidup seperti serangga menyediakan sumber yang baik nutrisi yang hilang dari tanah, dan mereka juga mengandung energi karbohidrat sebagai tambahan.

 

Ketika seekor serangga terjebak dalam daunnya,  maka cairan asam akan segera memenuhi dasar daun untuk memproses pengambilan nutrisari yang diperlukan, nah bagaimana jika hanya sebuah ranting kecil yang kebetulan jatuh kedalam jebakan? ternyata daun tidak akan memprosesnya. Dalam 12 jam daun akan membuka kembali dan membiarkan ranting tertiup angin. Namun jika seekor belalang yang terperangkap maka dibutuhkan waktu 5 hingga 6 hari untuk memprosesnya. Unik bukan? Venus Flytrap ini memiliki dua kemampuan yang jarang dimiliki tumbuhan lain, yaitu kemampuan untuk merasai (untuk memilah) hasil jebakannya dan kemampuan otomatis menggerakkan daunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*