Home » Hewan » Tikus Terbesar di Dunia, Sebesar Anjing
tikus besar

Tikus Terbesar di Dunia, Sebesar Anjing

Editor: Aryo Wibowo

Rattus Norvegicus atau di Indonesia sering kita kenal dengan sebutan tikus got normalnya hanya memiliki ukuran tubuh maximal 26cm atau sekitar 10 Inchi dengan panjang ekornya bisa mencapai 25cm.

Namun berbeda dengan tikus yang satu ini, dia memiliki ukuran tubuh yang sangat besar, mencapai 60cm. Tikus terbesar di dunia ini memiliki tubuh sebesar anjing peliharaan pada umumnya.

tikus

“Sundamys infraluteus mencapai 60 cm. Tetapi tidak lebih dari setengah kilogram, karena memiliki morfologi tubuh yang berbeda,” jelas Raquel López Antoñanzas dari University of Bristol, UK.

tikus terbesar di dunia

Ini bukan kali pertama tikus besar ditemukan. Tikus yang masih menjadi tikus terbesar di dunia terdapat di Gunung Sunda. Diberi nama ilmiah Sundamys infraluteus. Spesies omnivora terbesar pula yang hidup di hutan pegunungan.

tikus terbesar

Salah satu tikus terpanjang lainnya adalah Gambia tikus. Tikus ini hampir memiliki panjang hingga 90 centimeter dari hidung ke ujung ekor, dengan berat 1,4 kg. Ukurannya yang besar membuat tikus ini mirip dengan anjing berukuran sedang, dan menjadi salah satu karakteristik hewan peliharaan populer.

Bagaimana? tertarik ingin memelihara tikus seperti foto-foto di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*