Home » Manusia » Suku Dengan Piring di Bibir
suku bibir piring
suku bibir piring

Suku Dengan Piring di Bibir

Editor: Tio Sianturi

Suku dengan piring di bibir atau yang dikenal juga sebagai suku Lip Plate adalah salah satu suku aneh yang berada di Afrika.

Suku Bibir Piring ini mempunyai tradisi dan adat yang unik, yaitu wanita disuku ini diwajibkan memakai piring di bibir nya antara 6 bulan hingga 1 tahun sebelum dia menikah.

suku bibir piring

suku bibir piring

Dengan cara bibir bagian bawah dilubangi sekitar 1-2 cm, kemudian dipasang kayu yang berbentuk lingkaran menyerupai piring. Setelah luka itu mengering, sedikit demi sedikit ukuran diameter benda yang dipasangkan tersebut akan mulai bertambah, saat ukurannya mulai besar itulah piring yang berukuran antara 8 hingga 20 cm mulai dimasukan kedalam bibirnya.

suku bibir piring

suku bibir piring

Menurut kepercayaan suku Mursi ini, mereka yang menggunakan piring di bibirnya menandakan suatu keberanian dan kekuasaan, sehingga untuk mereka para pemimpin dan kepala suku ukuran diameter piring bibirnya lebih besar dari yang lainnya.

suku bibir piring

suku bibir piring

Saat ini tradisi seperti itu di suku Mursi sudah mulai hilang, namun masih ada beberapa juga yang melakukannya hanya sekedar untuk menjaga tradisi adat suku maupun hanya untuk menarik para turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*