Home » Hewan » Rumah Semut Terbesar Di Dunia

Rumah Semut Terbesar Di Dunia

Editor: masali

Jenius ternyata tidak hanya dimiliki oleh manusia, hewan pun ternyata juga jenius. Salah satunya adalah semut. Di Brasil para arkeolog berhasil menemukan sarang semut raksasa yang pantas disebut megapolitan atau istana kerajaan semut.

Sebelum penggalian para ilmuwan terlebih dahulu memasukkan cairan semen ke dalam liang semut. Butuh waktu 10 hari untuk menuang semen di wilayah seluas 500 kaki persegi dan melebar hingga 26 kaki di bawah tanah. Setelah sebulan, tim ilmuwan yang dikepalai Luis Forgi ini mulai melakukan penggalian.

rumah semut besar

Dan hasilnya, Ilmuwan menemukan sarang semut yang memiliki saluran lengkap dan berfungsi sebagai ventilasi sekaligus jalur transportasi. Ada jalan besar seperti jalan raya maupun jalan kecil layaknya jalan tikus. Dari jalan-jalan utama di kota semut, terdapat cabang-cabang yang menuju ke tempat sampah dan taman jamur, yang oleh semut terus dimanfaatkan sebagai sumber makanan.
Diperkirakan ada 40 ton tanah yang diangkut oleh semut untuk membuat liang labirin ini. Kemegahan kota semut ini menunjukkan betapa kompleks koloni semut. Menurut pendapat ilmuwan, koloni semut merupakan kedua terkompleks setelah manusia.

Koloni semut ini nantinya memiliki berbagai tugas, mulai dari mengumpulkan daun, menumbuhkan jamur dengan media dedaunan hingga membuang sampah dan membuang parasit berbahaya. Sementara itu, ada semut-semut bertubuh besar yang bertugas sebagai angkatan bersenjata mempertahankan wilayah. Kadang-kadang, mereka juga dikerahkan untuk membangun terowongan alias liang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*