Home » Penemuan » Penemuan Gua di Samarinda

Penemuan Gua di Samarinda

Editor: Tio Sianturi

Seorang warga bernama arman darmawan warga jalan RE Martadinata Gg Wahy RT 02, Teluk Lerong Ilir, Samarinda dikagetkan dengan amblesnya sebuah kamar yang ada dirumahnya.

Karena penasaran dengan lantai kamarnya yang ambles tersebut Arman kemudian mencoba mengecek penyebab dari lantai kamarnya yang ambles itu. ternyata bukan hanya lubang kecil yang ia temukan, melainkan sebuah lubang besar seperti lorong yang memanjang dan memiliki banyak cabang

Sumber foto : www.kaltimpost.co.id

Sumber foto : www.kaltimpost.co.id

Temuannya itu pun akhirnya dilaporkannya ke Kemendikbud pemkot samarinda. oleh pemkot langsung ditindak lanjuti.

“Tim kami sudah melakukan pengecekan ke gua tersebut. Kami juga sudah berkirim surat ke Dirjen Kebudayaan agar gua tersebut bisa ditindaklanjuti untuk keperluan penelitian dan fungsi lain,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda Asli Nuryadin di Samarinda, Rabu (23/12/2015)

“Jika tim dari pusat turun langsung melihat kondisinya, kemudian bisa memastikan usia gua tersebut, termasuk berapa panjangnya, tentu pemerintah bisa memasukkan gua tersebut sebagai cagar budaya yang harus dilindungi. Bahkan bisa juga menjadi warisan dunia setelah melalui proses,” katanya.

sumber foto : www.jpnn.com

sumber foto : www.jpnn.com

Warga sekitar pun menduga, bahwa gua tersebut merupakan peninggalan tentara jepang yang dulu sempat menduduki samarinda, karena tentara jepang saat itu terkenal dengan strategi pertahanan terowongan bawah tanahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*