Home » Hewan » Nelayan Banda Menangkap Ikan Yang Aneh

Nelayan Banda Menangkap Ikan Yang Aneh

Editor: Tio Sianturi

Pada hari senin lalu tanggal 28 september 2015, para nelayan dari desa Kampung Baru, Kecamatan Banda, Maluku digegerkan dengan penemuan seokar ikan yang sangat aneh bentuknya.

Ikan misterius tersebut berwarnakan oranye, punya duri dan bersisik keras, penampakannya pun juga sangat unik seperti foto diatas, punya ekor juga yang mirip dengan ekor buaya, namun bentuk ikan tersebut mirip dengan ikan pari.

ikan unik

Dengan menggegerkannya penemuan tersebut, akhirnya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia – LIPI pun turun tangan, menurut fahmi ikan tersebut sebenarnya bukan tergolong sebagai ikan misterius.

Ikant tersebut termasuk golongan Peristediidae. yang mana golongan Peristediidae itu mempunyai ciri utamanya berkulit keras, bagian moncong utamanya ada semacam rostrum yang ke depan seperti tanduk, di bagian rahang ada semacam rumbai.

Secara ilmiah, ikan tersebut dikenal dengan sebutan armored searobin, namun di indonesia memang untuk ikan tersebut belum ada sebutan lokalnya, karena memang jarang ditangkap oleh nelayan.

ikan aneh
Sebenarnya ada banyak jenis armored searobin di indonesia ini. dan salah satunya adalah robust armored searobin (Satyrichthys welchi). Jenis itu banyak terdapat di perairan Indonesia tengah dan timur serta Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*