Home » Penemuan » Mahasiswa Jember Membuat Power Bank Tanpa Listrik

Mahasiswa Jember Membuat Power Bank Tanpa Listrik

Editor: yunik

Power bank adalah alat untuk penyimpanan daya listrik yang sekarang ini banyak di jual dipasaran untuk kebutuhan pengisian baterai cadangan smartphone.

Di jember ada beberapa mahasiswa yang membuat Power Bank namun tanpa listrik.

Pembuat power bank tanpa listrik itu terdiri dari lima mahasiswa fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama (MIPA) Universitas Jember, yaitu Azizah, Rosaria Dwi Sukmadewi, Nurul Mahmuda, Putri Sultan Maredh, Anggun Ariningsum.

Mereka membuat sebuah alat power bank yang diberi nama Power Bank By Gas (POB’S).

power bank gas universitas jember

Sumber foto : www.jembergo.com

Menurut salah satu mahasiswa pembuat power bank gas itu, power bank ini memanfaatkan energi alternatif berupa sisa pembakaran. Alat ini, kata dia, mampu menghemat energi listrik dengan signifikan, sehingga bila dikembangkan akan menjadi revolusi energi listrik di Indonesia, bahkan dunia.

Azizah menambahkan, alat ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu kotak pembakaran sekam padi dan arang –dalam bentuk briket– dan power bank-nya.

Gas yang dihasilkan dari box pembakaran selanjutnya dapat disimpan dayanya ke dalam power bank. Jika power bank dalam kondisi kosong, diperlukan waktu 3 sampai 4 jam untuk mengisinya secara penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*