Home » Benda » Layangan Terbesar di Dunia 250 Meter Ternyata Ada Di Bali

Layangan Terbesar di Dunia 250 Meter Ternyata Ada Di Bali

Editor: Aryo Wibowo

InformasiUnik.com – Pada hari minggu 10 Juli 2016 layang-layang hasil dari karya Undagi Dangin Peken Sanur berhasil memecahkan rekor dunia sebagai layang-layang terbesar di dunia.

Layangan yang dibuat oleh Undagi ini mempunyai berat mencapai 707 Kg, dan memiliki panjang ekor mencapai 250 Meter.

layangan terbesar di dunia

layangan terbesar di dunia

Menurut Ketua seksi Layangan Banjar Dangin Peken, Sanur, Kadek Suprapta Meranggih, di Pantai Mertasari Sanur Denpasar, pembuatan layang-layang itu dilakukan semata-mata menegaskan agar Banjar Dangin Peken Sanur sebagai wadah sekaligus rumahnya para anak muda yang kreatif dalam membuat layang-layang.

layangan terbesar di bali

layangan terbesar di bali

“Daripada anak mudah berfoya-foya lebih baik kreativitasnya dituangkan ke layangan ini,” ujar dia.

Layangan terbesar ini membutuhkan 200 orang untuk dapat menerbangkannya, karena lebar layangan sendiri mencapai 12 Meter dan harus diterbangkan dengan 300 meter tali tambang yang mempunyai ukuran 10milimeter.

ekor layangan terbesar

ekor layangan terbesar

Undagi atau pembuat Layangan Nagaraja, Made Satra menyatakan layangan menggunakan sistem knock down. Dan saat pernerbanganya belum bisa terbang dengan maksimal karena pada saat itu terkendala dengan cuaca yang kurang bersahabat. Sehingga tidak seluruh badan layangan terbang maksimal.

layangan raksasa

layangan raksasa

“Layangan biasa akan sulit untuk dibawa ke lokasi, dengan sistem knock down ini kita bisa memecah seperti rakitan layangan. Sehingga tidak kesulitan membawa layangan ke lokasi,” jelas dia.

ekor dari layangan terbesar di dunia

ekor dari layangan terbesar di dunia

Seperti diketahui, layang-layang raksasa yang dibuat oleh warga banjar tersebut, memiliki warna merah, hitam dan putih. Dan untuk membawanya kepantai Mertasari, membutuhkan 4 truk.

layangan raksasa di bali

layangan raksasa di bali