Home » Tempat » Kota Terdingin di Dunia, Suhunya mencapai -71 Derajat Celcius

Kota Terdingin di Dunia, Suhunya mencapai -71 Derajat Celcius

Editor: Aryo Wibowo

Kota terdingin di dunia berada di desa Oymyakon, Rusia. Di wilayah Yakutia, Rusia Timur itu suhu di pemukimannya itu bisa mencapai -50 Derajat Celcius, bahkan pernah tercatat juga hingga mencapai -71 derajat Celcius.

Konon saking dinginnya, jika kamu berdiam sebentar saja bisa langsung membeku.

kota terdingin (1)

Pada tahun 1920-an hingga 1930-an, Oymyakon hanyalah sebuah tempat perhentian kecil para penggembala rusa nomaden untuk memberi minum ternaknya di sebuah sumber air panas.

Pemerintah Uni Soviet pada saat itu membuat suku-suku nomaden ini menetap agar mereka bisa diawasi dengan mudah serta bisa berkembang budaya dan teknologinya, hingga saat ini penduduk di Oymyakon mencapai 500 orang lebih.

kota terdingin (5)

Kehidupan di Desa Oymyakon masih sangat sederhana, meski sudah berpuluh tahun menjadi pemukiman permanen sebagian besar rumah masih menggunakan batu bara dan kayu untuk pemanas.

kota terdingin (2)

Kesulitan sehari-hari di Oymyakon tak lain adalah suhu dingin yang membekukan nyaris segalanya, mulai dari tinta pulpen yang beku, gelas membeku hingga baterai kehilangan tenaganya.

kota terdingin (3)

Bahkan tak jarang penduduk membiarkan mesin mobilnya menyala sepanjang hari karena khawatir akan sukar dihidupkan dalam kondisi dingin.

Saking dinginnya tak ada tumbuhan yang bisa tumbuh di Oymyakon. Sehingga warganya mengandalkan daging rusa dan kuda sebagai makanan utama.

kota terdingin (4)

Satu hal unik lain dari desa dingin ini adalah nama Oymyakon, yang ironisnya berarti ” air yang tidak pernah membeku” . Nama ini merujuk pada sebuah sumber air panas tak jauh dari lokasi desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*