Home » Hewan » Katak Bertubuh Transparan di temukan di Hutan Amazon
katak transparan

Katak Bertubuh Transparan di temukan di Hutan Amazon

Editor: Aryo Wibowo

Sebuah katak ditemukan memiliki tubuh transparan sehingga bagian organ dalam katak tersebut, seperti jantung dapat dilihat dari luar.

Katak berwarna hijau yang ditemukan di hutan amazon, Ekuador sebenarnya bukan satu-satunya katak yang bertubuh transparan, namun para ilmuwan menyebutkan ada sejumlah tanda tak biasa di tubuh katak tersebut dengan perilaku reproduksi yang sedikit berbeda dengan katak pada umumnya.

Para ilmuwan menempatkan kata spesies baru katak bertubuh transparan itu ke dalam genus Hyalinobatrachium, yang dikenal dengan ciri menonjol.

“Semua spesies di genus ini memiliki ventral peritoneum (pembungkus organ) yang tembus pandang, di mana organ-organnya dapat dilihat dari dadanya,” jelas para peneliti dalam artikel yang dipublikasi di ZooKeys seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (28/5/2017).

organ katak transparan

Namun katak yang baru ditemukan itu, tampil berbeda dengan titik warna hijau gelap di punggungnya dan perilaku reproduksinya.

“Saya bekerja dengan katak setiap hari dan katak ini merupakan salah satu spesies terindah yang pernah saya lihat,” ujar Juan Guayasamin dari Universidad San Francisco de Quito di Ekuador, kepada New Scientist.

Sementara katak lain yang masih dalam 1 spesies Genus Hyalinobatrachium memiliki ciri transparan, namun tidak sampai jantung merah terang yang ada di dalam tubuh katak bisa terlihat dari luar.

katak bertubuh transparan

Namun beberapa ilmuwan juga memiliki pendapat yang berbeda, dimana spesies tersebut kemungkinan berada dalam bahaya karena adanya ekstrasi minyak dan aktivitas manusia lain yang mengancam habitat dari hutan Amazon

“Meski Amazon dikenal akan biodiversitas dan keberagaman budaya, ancaman saat ini dan masa depan terhadap konservasi sangat nyata,” tulis para peneliti.

Mereka menyebut, selain adanya ekstraksi minyak, terdapat juga ancaman berupa pencemaran air, ekstraksi sumber daya alam yang meningkat, dan pembangunan jalan.