Home » Peristiwa » Hal Menakjubkan yang Pernah dilakukan Google

Hal Menakjubkan yang Pernah dilakukan Google

Editor: Tio Sianturi

Siapa yang tidak tahu Google? Domain yang tiap detiknya dikunjungi oleh ribuan umat manusia untuk mencari informasi. Google merupakan kebutuhan hidup manusia zaman sekarang. Perusahaan raksasa milik duo Larry Page dan Sergey Brin tersebut dalam pencapaiannya seperti saat ini ternyata telah menempuh hal-hal gila

1. Google Doodle terinspirasi Festival Burning Man

Google doodle adalah gambar dan animasi yang menghiasi halaman utama Google. Logo ini dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang support Google. Awalnya, Larry Page dan Sergey Brin pada Agustus 1998 menyambangi festival Burning Man di gurun Nevada, dan ingin memberi semacam notifikasi kepada orang-orang. Maka dari itu, dibuatlah Google Doodle yang menampilkan logo dari festival tersebut.

2. 91 persen penghasilan Google dari iklan

Meski tak memiliki produk, Google selama ini berkembang dan bisa sebesar ini hanya menjual layanan yang hampir semuanya gratis. Sumber pendapatan utama Google adalah iklan. Pada tahun 2013 tercatat 91 persen pendapatan Google didapat dari iklan, dimana berasal dari Adwords sebesar 70 persen dan dari Adsense sebesar 30 persen.

3. Google beli Domain Misspellings

Google diketahui pernah mengamankan nama situs Google agar penggunanya tidak terpeleset (Misspellings) ke domain lain seperti Gooogle.com, Gogle.com, Googlr.com bahkan 466453.com Ketika Anda mengetik domain tersebut di website Anda, maka akan langsung masuk ke halaman google. Apakah kaitan 466453.com dengan Google? Perhatikan keypad handphone Anda, dan perhatikan, 4 GHI, 6 MNO, 6 MNO, 4 GHI, 5 JKL, 3 DEF 466453 = Google.

4. Ada 45.000 pencarian di Google setiap detik

Jumlah pengguna Internet meningkat setiap harinya, begitu juga dengan trafik pengunjung Google. Berdasarkan Data statistik dari internetlivestats.com, Google dikunjungi 45.000 pengguna internet setiap detiknya.

5. Google akuisisi 24 perusahaan di 2014

Google diketahui telah menghabiskan puluhan miliar dolar untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mendukung visi dan misi Google. Langkah ini juga diambil Google untuk mengantisipasi munculnya pesaing. Sepanjang tahun 2014, Google telah mengakuisisi 24 perusahaan. Artinya, ada 3 perusahaan yang dicaplok dalam sebulan.

6. Google Search Index berukuran lebih dari 100 juta Gigabyte

Tahukah Anda bahwa Google Search Index yang dimiliki Google adalah lebih dari 100 juta gigabyte. Ini setara dengan 100 ribu unit personal drive berkapasitas 1 terabyte

7. Google abadikan 5 juta mil gambar jalan raya untuk Street View

Google Maps merupakan salah satu produk Google dalam dunia navigasi. Google Street view merupakan sebuah fitur yang diperkenalkan pada tahun 2007. Untuk mendukung fitur tersebut pada Google Maps, Google telah mengabadikan gambar lebih dari 5 juta mil jalan raya

8. Lebih dari 6 miliar jam video telah ditonton di YouTube setiap bulannya

Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai USD1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google. Dan kini lebih dari 6 miliar jam video telah ditonton di YouTube setiap bulannya. Hal ini berarti hampir setara dengan satu jam video untuk setiap orang di seluruh dunia. Dikutip dari laman infospesial, Rabu (1/10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*