Home » Tempat » Benua Australia Terus Bergerak Mendekati Indonesia

Benua Australia Terus Bergerak Mendekati Indonesia

Editor: Tio Sianturi

Setiap tahunnya benua Australia ternyata terus menerus mendekati kepulauan Indonesia. Hal ini di akibatkan karena adanya pergeseran pergerakan lempeng bumi pada setiap tahunnya.

Sebagaimana dikutip InformasiUnik dari halaman ABC News, Benua Australia saat ini berada di atas lempeng tektonik yang selalu memiliki pergerakan paling cepat dan bertumbukan dengan lempeng pasifik yang setiap tahunnya selalu bergerak kurang lebih 11 Centimeter.

Akibat dua lempeng ini area sekitar Indonesia dan Australi sering terjadi gempa bumi, Misalnya, gempa berkekuatan 8,1 yang melanda utara Pulau Macquarie pada tanggal 23 Desember tahun 2004.

benua australia indonesia

Sejak tahun 1994 Benua Australia memang selalu bergeser ke utara sampai saat ini sudah sejauh 1,5 meter. hal ini juga menyebabkan para ilmuwan Australia kembali menghitung posisi garis bujur dan garis lintang negara mereka.

 

Baca Juga: 3 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi DiDunia

 

Titik koordinat yang terus berubah juga berdampat pada akurasi semua informasi spasial di seluruh Australia, termasuk transportasi, navigasi pribadi, GPS dan survei.

” Garis benua memang tetap, tapi seiring berjalannya waktu, posisi itu dibandingkan dengan posisi GPS dapat membuat perbedaan, sehingga kita sangat perlu mengubahnya,” tutur Jaksa.

Data baru penyesuaian ini akan dikeluarkan awal tahun depan. Tapi akan didasarkan pada proyeksi untuk tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*