Home » Penemuan » Begini Cara Menunda Kematian Versi Ilmuwan Tim Chico
cara menunda kematian
cara menunda kematian

Begini Cara Menunda Kematian Versi Ilmuwan Tim Chico

Editor: Tio Sianturi

Datangnya kematian sampai hari ini masih menjadi misteri, tak ada satupun orang yang bisa memprediksi kapan kematian itu datang menghampiri kita. Hal inilah yang mendorong para ilmuwan dunia untuk mencari tau cara menunda kematian.

Tim Chico, seorang konsultan ahli jantung dari Universitas Sheffield Inggris mengatakan bulutangkis atau tenis lapangan dan aerobik adalah beberapa kegiatan olahraga yang mampu menunda kematian, khususnya mengurangi resiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung atau stroke.

menunda kematian ilmuwan

Studi ini menganalisa dari 11 survei yang pernah ia lakukan dengan melibatkan 80.306 responden orang dewasa yang rata-rata berusia 52 tahun, mendapatkan hasil 8790 responden yang meninggal dunia dikarenakan berbagai sebab, sedangkan 1909 orang meninggal karena penyakit jantung dan stroke.

Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga, risiko kematian (oleh sebab apapun) mereka yang berolahraga dengan raket turun 47%, perenang, 28%, aerobik 27% dan pesepeda 15%.

Sementara kematian yang diakibatkan penyakit jantung dan stroke, penelitian tersebut menemukan mereka yang berolahraga dengan raket memiliki risiko kematian yang turun 56%, perenang 41%, aerobik 36%.

Tim Chico mengatakan, penelitiannya juga mengungkap bahwa pelari memiliki tingkat risiko kematian lebih rendah akibat penyakit jantung.

“Meskipun ini bukan ‘statistik signifikan’, banyak studi lain telah menemukan bahwa pelari hidup lebih lama dan mempunyai risiko punya penyakit jantung lebih rendah,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*