Home » Tempat » 5 Jembatan mengerikan di Dunia

5 Jembatan mengerikan di Dunia

Editor: Tio Sianturi

Kelima jembatan ini menawarkan sensasi luar biasa bagi siapa pun yang ingin menantang adrenalin mereka. Singkat kata, mereka bisa bikin jantung siapa pun yang melintasinya berdegup kencang. Belum lagi, kalau kondisi angin saat itu sedang kencang. Berikut kami sajikan lima jembatan yang hadirkan sensasi menantang dan pastinya bikin merinding.

 

1. Jembatan Capilano Suspension

Mengulik 5 Jembatan Terunik di Dunia yang Bikin Merinding

Jembatan yang asli dibangun pada tahun 1889 dan mempunyai suspensi sederhana. Selain itu, jembatan ini juga menawarkan panorama hutan cemara yang hijau. Suspensi jembatan ini memiliki panjang 137 meter dan berada pada ketinggian 70 meter.

 

2. Jembatan Carrick-a-Rede Rope

Mengulik 5 Jembatan Terunik di Dunia yang Bikin Merinding

Para nelayan membangun jembatan ini untuk menangkap ikan di pulau seberang. Dulu jembatan ini lebih mengerikan daripada sekarang. Dulu, jembatan ini hanya memiliki pegangan tunggal, namun kini the National Trust sudah membuat struktur yang lebih kokoh dengan dua pegangan. Jembatan ini memiliki panjang 19 meter dan berada pada ketinggian 30 meter di atas karang.

 

3. Gateshead Millennium Bridge

Mengulik 5 Jembatan Terunik di Dunia yang Bikin Merinding

Gateshead Millennium Bridge adalah sebuah jembatan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki yang membentang di atas Sungai Tyne di Inggris. Menariknya, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan dengan kemiringan paling ekstrem di dunia. Anda bisa membuktikannya dengan melihat foto di bawah ini.

Jembatan ini pada dasarnya mencakup dua kurva, satu membentuk dek dan yang satunya mendukung lainnya. Karena bentuknya kalau dilihat dari atas terlihat seperti mata yang berkedip, jembatan ini sering disebut Blinking Eye Bridge atau Winking Eye Bridge.

Jembatan ini, sebagaimana dilansir amusingplanet, biasanya berputar sebanyak 40 derajat per 45 menit atau tergantung pada kecepatan angin.

Saking kerennya, jembatan ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan, seperti Wilkinson Eyre the 2002 Royal Institute of British Architects (RIBA) Stirling Prize, the 2003 Gifford IStructE Supreme Award, dan pada 2005, the Outstanding Structure Award from International Association for Bridge and Structural Engineering (IABSE).

 

 

4. Jembatan antara dua puncak di Pegunungan Alpen Swiss

Mengulik 5 Jembatan Terunik di Dunia yang Bikin Merinding

Jembatan gantung pertama di dunia yang dibangun antara dua puncak gunung akan dibuka di Pegunungan Alpen Swiss. Berada di atas ketinggian 2956 meter, jembatan ini dibangun antara puncak kembar Glacier 3000 dan Scex Rouge di kanton Vaud.

Rencananya, jembatan ini juga akan dibuatkan lantai kaca, sehingga pengunjung bisa menikmati lansekap jurang antara pegunungan dan panorama Mont Blanc dan Eiger dari kejauhan. Untuk merampungkan proyek ambisius ini, pekerja konstruksi harus berjuang mati-matian karena proyek tersebut dijadwalkan dibuka pada bulan November mendatang.

Sebagaimana dilansir The Telegraph (4/9), jembatan gantung ini dapat menampung 300 pengunjung dalam satu waktu, meskipun nantinya jumlah tersebut akan dibatasi sampai 150 orang untuk mencegah penumpukan. Pengelola jembatan mengatakan bahwa jembatan ini akan dibuka sepanjang tahun, meskipun pada waktu tertentu – saat cuaca tidak memungkinkan, jembatan ini akan ditutup untuk pengunjung. Biaya pembangunan jembatan diperkirakan mencapai 1,8 juta franc Swiss (Rp 22,7 miliar).

Gstaad 3000 selaku pembangun jembatan, sebelumnya juga telah mengoperasikan beberapa atraksi di lokasi tersebut, termasuk kereta luncur anjing, losmen gletser, toboggan (kereta luncur biasa), dan jalur ski. Perusahaan ini berharap bahwa jembatan baru mereka akan menaikkan jumlah pengunjung di kawasan itu hingga dua kali lipat setiap musim panas – yang saat ini sekitar 50.000 pengunjung.

 

 

5. Jembatan kaca di Tiongkok

Mengulik 5 Jembatan Terunik di Dunia yang Bikin Merinding

Sebuah atraksi terbaru di Tiongkok menawarkan sensasi luar biasa bagi wisatawan yang suka kegiatan berbau adrenalin. Sebuah jembatan gantung yang bagian bawahnya terbuat dari kaca, telah dibangun melintasi dua puncak berbatu di Tiongkok.

Jembatan gantung sepanjang 300 meter ini dibangun di Pingjiang, di Provinsi Hunan, Tiongkok Selatan. Pemandangan berkabut yang ditemukan di sekitar jembatan semakin menambah efek seram pada jembatan tersebut. Jembatan ini menggantung di atas ketinggian 180 meter.

Karena jembatan ini dibuat sangat fleksibel, ketika diterpa angin, jembatan ini akan bergoyang. Jika ada wisatawan yang tiba-tiba merasa lemas saat melewatinya, staf khusus yang sudah terlatih di sekitar jembatan akan mendorong dan membujuk wisatawan itu untuk menyelesaikan perjalanannya menuju akhir jembatan.

Inilah lima jembatan paling ekstrem di dunia yang tidak hanya menantang adrenalin Anda, tetapi juga menawarkan pemandangan luar biasa

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*