Home » Peristiwa » 5 Demo Terbesar di Dunia
demo terbesar di dunia
demo terbesar di dunia

5 Demo Terbesar di Dunia

Editor: Tio Sianturi

Aksi Demo atau unjuk rasa sebenarnya tak hanya sering terjadi di Indonesia saja, namun di negara-negara lain juga sering ada aksi unjuk rasa atau demo.

Berikut ini informasiunik.com rangkum dari berbagai sumber tentang 5 aksi demo terbesar di dunia:

 

Aksi demo terbesar di dunia peringkat 1 adalah:

demo perang afghanistan
Protes perang di Afghanistan (2001 sampai sekarang), protes ini berawal dari bulan oktober 2001 dimana tentara Amerika Serikat melakukan peperangan dengan mengirimkan 140ribu tentara militernya ke Afghanistan.
Perang yang terjadi di Afghanistan telah memicu banyak pihak dan protes besar di seluruh dunia. Dan demo inilah yang disebut-sebut sebagai demo terbesar di dunia, dikarenakan demo dilakukan dari berbagai negara diseluruh dunia.

 

Aksi demo terbesar di dunia peringkat 2 adalah:

ocupy
Gerakan Occupy Wall Street (2011-sekarang), Sebuah demonstrasi di seluruh dunia bertentangan dengan yang di katakan 1% dan global ketidaksamaan sosial dan ekonomi, gerakan Occupy adalah sebuah gerakan protes internasional yang bertujuan untuk membuat hubungan ekonomi dan politik di semua perkumpulan yang kurang vertikal dan mendistribusikan lebih tegas. kelompok yang berbeda di seluruh dunia memiliki fokus yang berbeda tentang protes itu, tetapi di antara mereka, ini adalah kepentingan utama tentang keyakinan mengenai perusahaan-perusahaan besar dan sistem keuangan global mengendalikan dunia dengan cara yang membuat miskin lebih miskin dan kaya semakin kaya di setiap saat. Protes ini dimulai dengan slogan-slogan seperti, ”Kami adalah 99%, ” dan apa yang telah dimulai sebagai protes terhadap distribusi ekonomi Barat tumbuh menjadi revolusi yang global pada sistem ekonomi dengan teliti dikendalikan dunia yang diyakini menguntungkan atas 1% dan meninggalkan sisa 99% untuk membiarkan berkompromi.

 

Aksi demo terbesar di dunia peringkat 3 adalah:

arab spring
Arab Spring (2010-sekarang), Arab Spring adalah serangkaian protes yang sedang berlangsung dan segala jenis pemberontakan, baik disertai kekerasan maupun yang tanpa kekerasan, perang saudara yang terjadi di seluruh dunia Arab terhadap pemerintah  dan sistem ekonomi, politik, sosial dan pendidikan yang ada. Selain itu, masing-masing penguasa dari Tunisia, Mesir (dua kali), Libya dan Yaman telah di turunkan paksa dari kekuasaannya.

Baca Juga: Bencana Hujan Es Terbesar di Dunia

 

Aksi demo terbesar di dunia peringkat 4 adalah:

turki
Demo Turki (2013), Serangkaian protes dan demonstrasi terhadap kebebasan pers, kebebasan berekspresi, kebebasan berkumpul, dan gangguan pemerintah tentang peniadaan agama Turki yang dimulai pada bulan Mei 2013, awalnya memicu membenci rencana pembangunan perkotaan Istanbul taman Taksim Gezi. Protes itu dipicu oleh kemarahan brutal karena penggusuran pekerjaan di tempat itu. Protes tanpa ada kepemimpinan terpusat dan dengan hanya kelompok-kelompok kecil yang mengatur protes lingkungan di seluruh negeri; Gerakan tersebut telah dibandingkan dengan Arab Spring, gerakan Occupy dan Revolusi 1989 dan Mei 1968 oleh banyak pengawas petunjuk.

 

Aksi demo terbesar di dunia peringkat 5 adalah:

demo brazil
Demo Brazil 2013, Aksi protes ini diprakarsai oleh Movimento Passe Livre, sebuah organisasi lokal advokasi untuk transportasi umum. Protes ini diawali dengan berbagai jenis kenaikan harga transportasi umum seperti bus, kereta api, dan metro mini di seluruh kota di Brazil.
Di tengah aksi protes, mereka juga menambahkan beberapa isu seperti kebrutalan polisi. Ini merupakan protes terbesar kedua yang dilakukan warga Brazil.
Terakhir, mereka melakukannya pada 1992 dengan hasil mundurnya Presiden Fernando Collor de Mello dari kursi presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*