Home » Tumbuhan » 5 Bentuk Tumbuhan ini sangat unik

5 Bentuk Tumbuhan ini sangat unik

Editor: Tio Sianturi

Ada jutaan jenis tumbuhan yang ada di muka bumi, saking banyaknya mustahil bagi manusia untuk menghafal satu per satu nama dan jenisnya. Tetapi Sobat uniknya ada beberapa tumbuhan yang sangat menarik karena memiliki keunikan yang langka.

Berikut adalah tumbuhan-tumbuhan yang memiliki keunikan yang langka:

 

1.   Jamur Berdarah

Tumbuhan pertama yang aneh tapi nyata ini bernama hydnellum peckii atau jamur gigi berdarah, dari sekian banyak jenis yang biasa kita temukan, jamur yang satu ini termasuk yang paling unik dan tak bisa dimakan.

Keunikan pertama terletak pada bentuknya yang berbintil merah seperti darah, itu sebabnya jamur ini dijuluki jamur berdarah. Selain mengeluarkan bintil merah, jamur ini juga menghasilkan spora pada permukaan vertikal duri yang menggantung di permukaan tubuh buahnya.

Jamur-Berdarah copy

Jamur ini termasuk anggota dari genus hydnellum dari famili bankeraceae, spesiesnya sendiri adalah hydnoid, dan dengan mudah ditemukan di amerika utara, eropa dan pada tahun 2008 lalu ditemukan juga di Iran.

Karena masuk dalam spesies mikoriza, jamur ini punya hubungan mutualisme atau saling menguntungkan dengan berbagai pohon konifer, tumbuh dengan dua cara, tersebar sendiri-sendiri dan juga menyatu dalam massa yang jumlahnya acak.

Bagian buah jamur ini biasanya memiliki topi berbentuk corong dengan tepi yang berwarna putih, tapi jika dikumpulkan, bentuknya ternyata bervariasi. Saat masih berusia muda badan buahnya lebih lembab sehingga just merah terang berisi pigmen akan merembes, zat merah ini dikenal memiliki sifat antikoagulan yang mirip heparin.

Alasan lain mengapa jamur ini tidak dimakan karena menurut para ahli jamur ini rasanya sangat pahit dan tajam meskipun dipercaya terdapat senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*