Home » Peristiwa » 10 Gempa Terbesar Di Dunia

10 Gempa Terbesar Di Dunia

Editor: Tio Sianturi

Bencana alam memang tak akan pernah bisa di duga atau di prediksi kedatangannya, seperti halnya bencana alam Gempa yang akhir-akhir ini sering melanda Indonesia salah satunya.

Gempa bumi biasa disebabkan karena adanya pergerakan lempeng bumi, frekuensi pergerakan lempeng bumi disetiap wilayah berbeda-beda. Tergantung dari letak geografisnya juga.

Berikut ini informasiunik rangkum dari berbagai sumber tentang 10 gempa terbesar yang pernah terjadi di Dunia:

 

Gempa terbesar di dunia urutan ke 10 terjadi di:

gempa 1

Assam, Tibet pada tahun 1950. Dengan kekuatan gempa 8.6 Skala richter, setidaknya 1500 orang tewas dalam musih ini.

 

 

Gempa terbesar di dunia urutan ke 9 terjadi di:

gempa 5

Sumatera Utara, Indonesia pada tahun 2005 dengan kekuatan 8,6 Skala Richter yang memicu tsunami setinggi 10 meter setelah gempa ini terjadi. Setidaknya lebih dari 100ribu orang meninggal akibat gempa bumi ini.

 

 

Gempa Terbesar urutan ke 8 terjadi di:

gempa 2

Rat Island, Alaska pada tahun 1965 dengan kekuatan gempa mencapai 8,7 Skala Richter dan memicu terjadinya tsunami juga setinggi 10 meter. Beruntunganya gempa ini hanya memicu kerusakan kecil di ujunga kepulauan Aleutian.

 

 

Gempa Terbesar urutan ke 7 terjadi di:

gempa 3

Lepas Pantai Ekuador, pada tahun 1906 dengan kekuatan 8,8 Skala Richter yang telah memicu munculnya tsunami dengan menewaskan 1500 orang.

 

 

Gempa Terbesar urutan ke 6 terjadi di:

gempa 4

Lepas Pantai Maule, Chili pada tahun 2010 dengan kekuatan gempa mencapai 8,8 Skala Richter. Gempa bumi dan tsunami ini setidaknya membuat 1,8 juta orang terkena dampaknya dengan total kerugian sekitar Rp 389 Triliun.

 

 

Gempa Terbesar urutan ke 5 terjadi di:

gempa 6

Kamchatka Peninsula, Rusia pada tahun 1952 dengan kekuatan gempa mencapai 9,0 Skala Richter. Gempa bumi yang terjadi memicu tsunami setinggi 13 meter yang juga melanda Crescent City, California, Amerika Serikat.

 

 

Gempa Terbesar urutan ke 4 terjadi di:

gempa 8

Pantai Timur Honshu, Jepang pada tahun 2011 lalu dengan kekuatan gempa 9,0 Skala Richter yang menewaskan sekitar 29.000 orang dan merusak beberapa rekator nuklir milik jepang. Gempa ini termasuk gempa terbesar yang pernah terjadi di jepang.

 

 

Gempa Terbesar urutan ke 3 terjadi di:

gempa 9

Lepas pantai Bara Sumatera Utara, Indonesia pada tahun 2004 dengan kekuatan gempa mencapai 9,1 Skala Richter. Gempa bumi yang terjadi ini memicu tsunami setinggi 13 meter dan telah memakan korban jiwa mencapai 227ribu orang.

 

Gempa Terbesar urutan ke 2 terjadi di:

gempa 7

Prince William Sound, Alaska pada tahun 1964 dengan kekuatan gempa mencapai 9,2 Skala Richter, dan memicu adanya tsunami setinggi 20 meter. untungnya bencana alam ini hanya merenggut 128 korban jiwa.

 

Gempa Terbesar urutan ke 1 terjadi di:

gempa 10

Chili, pada tahun 1960 dengan kekuatan gempa mencapai 9,5 Skala Richter membuat ribuan orang luka-luka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Gempa yang terjadi akibat melesaknya lempeng Nazca ke bawah lempeng Amerika Selatan ini memicu tsunami yang menewaskan 61 orang di Hawaii, 138 orang di Jepang dan 32 orang di Filipina.

Itulah tadi 10 Gempa terbesar yang pernah terjadi di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*