Home » Peristiwa » 10 Banjir Terbesar di Dunia yang Pernah Terjadi di Bumi

10 Banjir Terbesar di Dunia yang Pernah Terjadi di Bumi

Editor: Aryo Wibowo

Banjir memang kerap melanda masyarakat jakarta belakang ini, namun banjir yang sering terjadi di jakarta masih belum sebanding dengan bencana banjir yang pernah terjadi di daerah-daerah ini.

Banyak yang menganggap curah hujan yang tinggi lah penyebab banjir, padahal kita telah mengabaikan hak-hak alam yang harus kita lestarikan. Hak-hak alam yang dapat membantu mencegah terjadinya banjir.

Berikut ini informasiunik rangkum dalam Banjir terbesar di dunia:

1. Banjir Terbesar di Dunia pernah terjadi di Sungai Kuning China

banjir terbesar di dunia (3)

Pada tahun 1931 di sungai kuning China, pernah terjadi banjir terbesar yang melanda dan mengakibatkan hingga 4 juta orang meninggal dunia.

 

2. Banjir Terbesar di dunia Terjadi Pada Tahun 1887

banjir terbesar di dunia (7)

Banjir besar melanda lagi di Sungai kuning china pada tahun 1887 dan banjir besar yang terjadi menelan korban sebanyak 2 juta jiwa.

 

3. Banjir Terbesar ke 3 Terjadi pada tahun 1938

banjir terbesar di dunia (8)

Banjir terbesar ke 3 terjadi pada tahun 1938 dan masih di Huang He atau sungai kuning China, kali ini memakan korban 900 ribu jiwa.

 

4. Banjir Terbesar di Dunia ke 4 Masih Terjadi di Sungai Kuning

banjir terbesar di dunia (10)

Namun kali ini hanya memakan korban jiwa 300 ribu orang. Banjir kali ini juga disebabkan karena pemberontak Cina yang menghancurkan tanggul di sepanjang kota Kaifeng.

 

5. Banjir Terbesar ke 5 di Sungai Ru

banjir terbesar di dunia (1)

Banjir terbesar di dunia ke 5 pernah terjadi di Sungai Ru pada tahun 1642 di Dam Banqiao China, dan pada peristiwa itu terjadi memakan korban sebanyak 230 ribu jiwa.Banjir ini disebabkan oleh runtuhnya Bendungan Banquia. Menyusul kemudian, hujan deras yang disebabkan oleh angin topan. Runtuhnya bendungan ini merupakan yang paling mengerikan sepanjang sejara

 

6. Banjir Sungai Yangtze

banjir terbesar di dunia (2)

Masih di Dam Banqiao, China, pada 1931 terjadi juga banjir yang membunuh 145 ribu jiwa.

 

7. Banjir di Belanda dan Inggris

banjir terbesar di dunia (3)

Pada 1099, di Belanda dan Inggris terjadi banjir besar yang menelan korban sebanyak 100 ribu jiwa. Air pasang yang bersamaan dengan badai, membuat air meluap membanjiri Thames dan Belanda.

 

8. Banjir Terbesar ke 8 Terjadi di Belanda

banjir terbesar di dunia (4)

Sebanyak 50 ribu jiwa menjadi korban dalam banjir di Belanda pada tahun 1287. Sebuah tembok yang membendung air laut di Zee Zuider roboh, banjir pun melanda.

 

9. Banjir di Sungai Neva

banjir terbesar di dunia (5)

Di Rusia juga pernah terjadi banjir yang besar, terjadi banjir besar pada 1824. Korban meninggal sebanyak 10 ribu. Sebuah bendungan es menyumbat sungai Neva, dan banjir pun melanda kota-kota di dekatnya.

 

10 Banjir di Belanda

banjir terbesar di dunia (6)

Masih dengan korban jiwa sebanyak 10 ribu orang, di Belanda, banjir melanda lagi pada 1421. Runtuhnya sebuah tembok laut di Zee Zuider membanjiri dataran rendah Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*